Sekolah Mandiri 79

Berkarakter,Berprestasi,Mandiri

Profil Yayasan

Yayasan Pendidikan Mandiri Tujuh Puluh Sembilan atau dikenal dengan istilah Sekolah Mandiri’79, merupakan lembaga pendidikan yang memiliki konsentrasi dalam bidang pelayanan Jasa Pendidikan, dari mulai tingkat Taman Kanak-Kanak, sampai dengan Sekolah Menengah Atas.

Penamaan istilah 79 didasarkan atas tahun berdirinya Yayasan pendidikan mandiri yaitu tahun 1979, yang kala itu digagas oleh kurang lebih 12 (duabelas) orang pendiri, yang notabene adalah para pendidik di SMA Negeri 27 Jakarta (Fillial).

Gagasan didirikannya Yayasan ini, bermula dari adanya kebutuhan masyarakat terhadap akses pendidikan SMA, yang kala itu belum begitu banyak sekolah setingkat SMA, maka diadakanlah musyawarah guru SMA Negeri untuk mendirikan yayasan, yang diketuai oleh Bapak Sutedjo, BA (Kepala SMA Negeri Balaraja), dan 11 orang lainnya, yakni:

  1. Drs. H. Biso Hartono,
  2. Drs. H. Endang Soemantri,
  3. Sagino, BBA,
  4. Drs. Binsar Munthe,
  5. Drs. H. Empik Sukmadadi,
  6. H. Sariman Djamhari, SH.,
  7. Drs. Triyono Munardi,
  8. Drs. Siswanto,
  9. Drs. H. Ahmad Dahlan,
  10. Drs. H. Supriyadi, dan
  11. Drs. H. Ahmad Chaerani.

Pada tahun 1979, tersebut dimulailah proses pembelajaran yang masih menggunakan ruang kelas sore di sekolah negeri (menumpang), tidak berapa lama kemudian mulailah dibangun sekolah SMA Mandiri Balaraja, dilokasi kampung Kali Baru Desa Balaraja Kecamatan Balaraja, yang tidak jauh dari SMA Negeri.

Satuan Pendidikan

TK Mandiri Islami Malangnengah

SMP Mandiri Serdangkulon

SMA Mandiri Balaraja

SMK Mandiri 01 Panongan

SMK Mandiri Balaraja

Milestone

Awal Mula Pendirian Sekolah Mandiri 79

  • Tahun 1979

Pada awal pendiriannya belum banyak kelas yang terbentuk, dan kebanyakan siswanya pun masih siswa yang melanjutkan kesetaraan, seperti petugas PLKB, dan siswa/siswi yang tidak tertampung di sekolah negeri.

Tahun 1979
Tahun 1980

Menjadi Lembaga Legal

  • Tahun 1980

Pada bulan Agustus, barulah SMA Mandiri Balaraja mendapatkan izin operasional sekaligus izin pendirian, izin pendirian terbit melalui Akta Notaris Ny. Nuryani Dewi, S.H. dengan No. : 11 Tanggal 14 Agustus 1979 dan izin operasional melalui sk Kanwil Pendidikan Jawa Barat no : 005/IO2.Kep/E80, tertanggal 14 Januari 1980.

Pendirian SMP Mandiri Serdangkulon dan SMK Mandiri 01

  • Tahun 1985

Didirikan SMP Mandiri Serdangkulon, dan beberapa tahun berikutnya setelah itu didirikan SMK Mandiri 01. Pada dekade tersebut, eksistensi yayasan pendidikan mandiri dengan pengembangan 3 sekolah tersebut cukup memberikan kontribusi lulusan terbaik terhadap dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Tangerang.

Tahun 1985
Tahun 1997

Pendirian SMK Mandiri 02

  • Tahun 1997

Di Balaraja mendirikan SMK Mandiri 02, dengan program keahlian Bisnis dan Manajemen. Pendirian SMK ke 2 tersebut merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat tentang dunia pekerjaan, yang ingin mewujudkan lulusan siap kerja, sehubungan animo penerimaan pekerjaan di balaraja cukup tinggi, dikarenakan diwilayah Balaraja dan sekitarnya banyak berdiri berbagai perusahaan yang banyak sekali menyerap tenaga kerja, khususnya tenaga kerja perempuan.

Pendirian SMP Malangnengah

  • Tahun 2000

Di tahun ini dibangunlah SMP Malangnengah, atas usulan masyarakat Desa Malangnengah, melalui tanah hibah desa untuk dikembangkan sebagai SMP, dalam rangka ikut membantu pelayanan pendidikan SMP yang kala itu belum banyak, kalaupun ada jaraknya cukup jauh.

Tahun 2000
Tahun 2003

Pendirian TK Mandiri Islami

  • Tahun 2003

Yayasan Pendidikan Mandiri (YASPENDRI- kala itu) mendirikan unit PAUD (TK) dengan nama TK Mandiri Islami.

Perubahan Nama YASPENDRI

  • Tahun 2015

Yayasan pendidikan mandiri resmi dialihkelola oleh Ir. H. Heppy Trenggono, dan tidak berapa lama nama yayasan pendidikan mandiri berubah menjadi YAYASAN PENDIDIKAN MANDIRI TUJUH SEMBILAN, dengan akta notaris Ny. Ima Rangganis Sudiana, S.H. No: 19 tanggal 20 Agustus 2015 dengan SK Pengesahan dari Kemenkumham no. AHU – AH.01.06-2061. tahun 2015.

Tahun 2015
Tahun 2018

Perubahan Nama Yayasan

  • Tahun 2018

melalui akta notaris Ny. Ima Rangganis Sudiana, S.H. No: 11 tanggal 28 Agustus 2018 dengan SK Pengesahan dari Kemenkumham no. AHU-AH.06-0010793 tanggal 30 Agustus 2018, berganti nama menjadi YAYASAN PENDIDIKAN MANDIRI TUJUH PULUH SEMBILAN.